• Tentang Penulis

    Saya adalah orang yang tidak pernah dapat menyadari kalau kesalaha itu baik. ...

  • Pengertian Hermeneutik

    Go to Blogger edit html and replace these slide 2 description with your own words. ...

  • Friedrich Daniel Ernst Schleiermacher

    Go to Blogger edit html and replace these slide 3 description with your own words. ...

  • Wilhelm Dilthey

    Go to Blogger edit html and replace these slide 4 description with your own words. ...

  • Edmund Husserl

    Go to Blogger edit html and replace these slide 5 description with your own words. ...

  • Martin Heidegger

    Go to Blogger edit html and replace these slide 5 description with your own words. ...

  • Hans-Georg Gadamer

    Go to Blogger edit html and replace these slide 5 description with your own words. ...

  • Jürgen Habermas

    Go to Blogger edit html and replace these slide 5 description with your own words. ...

  • Paul Ricoeur

    Go to Blogger edit html and replace these slide 5 description with your own words. ...

  • Jacques Derrida

    Go to Blogger edit html and replace these slide 5 description with your own words. ...

Sistematika laporan KKL

Sistematika Laporan Kuliah Kerja Lapangan (KKL)
Fakultas Ushuluddin
IAIN Walisongo Semarang

1.      Judul  Laporan
2.      Latar Belaknag Kegiatan
Pada sub bagian latar belakang kegiatan diuraikan landasan , dan gambaran umum permasalahan yang melatarbelakangi perlunya dilakukan kegiatan KKL. Latar belakang ini juga mencakup alasan baik secara teoritis maupun praktis perlunya pelaksanaan kegiatan KKL khususnya bagi kompetensi mahasiswa. Selain itu diuraikan pula alasan yang  melatarbelakangi  pemilihan KKL. Sehingga pada bagian latar belakng ini muncul alasan dan landasan ynag kuat mengapa diperlukan KKL khususnya bagi mahasiswa Fakultas Ushuluddin Walisongo.
3.      Tujuan Kegiatan
Pada sub bagian tujuan kegiatan diuraikan secara spesifik apa yang ingin dicapai oleh mahasiswa terhadap pelaksaan KKL. Tujuan ini menggambarkan secara rinci apa yang ingin diraih (dicapai) sehubungan dengan diperlukannya kegiatan KKL bagi mahasiswa terhadap instansi yang menjadi sasaran. Selain itu dapat pula diuraikan target-target spesifik yang diharapkan untuk dicapai dari proses kegiatan KKL terutama yang sesuai dengan bidang peminatan yang dilakukan pada saat melakukan KKL.
4.      Manfaat Kegiatan
Dalam sub bab manfaat kegiatan ini, peserta KKL (mahasiswa) diharapkan menguraikan hasil yang diperoleh baik secara  teoritis  maupun  praktis dari kegiatan KKL. Uraian manfaat kegiatan KKL hendaknya relevan dengan tujuan kegiatan KKL. Manfaat  yang diuraikan juga harus disesuaikan dengan permintaan masing-masing ketika melakukan KKL, sehingga diharapkan mahasiswa dapat memperoleh hasil yang nyata dari kegiatan KKL. Manfaat yang diuraikan harus jelas, rinci, dan tepat sasaran dengan pelaksanaa KKL dan bidang peminatan  yang ditentukan.
5.      Rumusan Kegiatan
Bagian ini adalah perincian singkat dari rumusan inti pelaksanaan KKL sesuai dengan bidang peminatan masing-masing. Rumusan kegiatan hendaknya diuraikan dalam satu kalimat pernyataan yang padat, jelas, dan rinci.
6.      Gambaran Umum dari Instansi Tujuan KKL
Bagian ini diuraikan secara singkat gambaran umum institusi atau lembaga yang merupakan kegiatan KKL. Gambaran umum instansi/lembaga ini meliputi:
a.       Sejarah singkat lembaga.
b.      Struktur organisasi lembaga.
c.       Profil singkat, visi dan misi lembaga.
d.      Jumlah SDM yang mengelola, dan latar belakang pendidikan.
e.       Jumlah layanan (pendidikan) yang diseediakan.
f.       Macam fasilitas yang dimiliki.
g.      Bentuk-bentuk kerjasama dengan lembaga lain.
7.      Diskripsi Pelaksanaan Program
Bagian ini menguaraikan secara rinci fan detail dari fokus utama kegiatan KKL meliputi langkah-langkah pengamatan, bentuk-bentuk aktivitas yang diamati, hasil wawancara atau dialog  dengan berbagai pihak, temuan-temuan di lapangan, data dan fakta yang diperoleh, serta fenomena yang menarik dapa saat KKL. Deskripsi pelaksanaan ini hendaknya disesuaikan dengan kecenderungan  masing-masing mahasiswa (kelompok).
Pada sub bab ini juga diharapkan muncul bentuk analisis sederhana dari mahasiswa peserta KKL terhadap  temuan fakta dan data yang ada. Hasil analisis sederhana ini disesuaikan dengan fakta di lapangan  dan juga dikombinasikan dengan teoritis masing-masing mahasiswa terhadap bidang observasi.
8.      Kesimpulan dan Sasaran Kegiatan
pada sub bab ini penarikan kesimpulan dari seluruh proses kegiatan KKL yang telah dilakukan oleh mahasiswa. Kesimpulan yang dihasilkan dari kegiatan KKL hendaknya relevan dengan dan sesuai dengan rumusan kegiatan. Pada bagian kesimpulan keguatan ini disajikan secara singkat dan tidak bertele-tele sehingga dapat diperoleh rumusan mengenai esensi hasil pelaksanaan kegiatan KKL mulai dari awal hingga penyusunan proposal.
Selan itu sub bab ini juga diuraikan saran-saran berkaitan dengan pengamatan terhadap instansi yang menjadi sasaran kegiatan KKL. Saran-saran ini hendaknya disajikan secara objektif dan relevan dengan hasil temuan pengamatan di lapangan.
9.      Lampiran
Pada bagian lampiran ini disertakan seluruh dokumen yang terkait dan diperoleh selama pelaksanaan KKL oleh mahasiswa. Dokumen yang perlu dilampirkan dalam Laporan Kegiatan KKL meliputi:
a.       Company profile (jika ada)
b.      Semua dokumen yang terkait kegiatan KKL yang diperoleh peserta.



NB: Untuk Kelompok 2 tugas masing-masing adalah sebagai berikut:
       1. Judul Laporan
       2. Latar Belakang Kegiatan (Endah dan Zaenal)
       3. Tujuan Kegiatan (Widodo dan Olive)
       4. Manfaat kegiatan (Lutfi dan Nurul afwah)
       5. Rumusan Kegiatan
       6. Gambaran Umum dari Instansi Tujuan KKL(Hasan, Ani Rah, Siti Cholifah, dan Agus)
       7. Deskripsi Pelaksanaan Program (Ubaid, Haidar, Pipit dan heru)
       8. kesimpulan dan Saran Kegiatan
       9. Lampiran (Wasis)



0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar...

 
  • Blogroll

  • Consectetuer

  • Popular

  • Comments